Monday, October 10, 2016

Xiaomi Redmi Note 3 Pro Desain Elegan Dengan harga murah

1:56:00 AM

Satu lagi ponsel canggih dengan harga murah hadir di Indonesia yaitu Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Xiaomi memang tidak asing sebagai vendor penghasil gadget murah dengan spesifikasi gahar. Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang merupakan suksesor Redmi Note 2 hadir dengan beberapa upgrade istimewa seperti hadirnya slot MicroSD serta chipset yang menggunakan chipset Snapdragon 650 dimana redmi note 2 memakai Mediatek Helio X10. Berikut rincian spesifikasi, harga serta  Xiaomi Redmi Note 3 Pro.

Baca juga nih : Review Oppo F1 plus Selfie Edition

Spesifikasi :



Review Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro
Tampilan Depan desain Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Jaringan
  • GSM / HSPA / LTE
SIM Card
  • Dual Micro SIM
Hardware
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 650
  • CPU : Hexa-core 1.8 GHz
  • GPU : Adreno
  • RAM : 3GB
Software
  • OS : Android OS, v5.1 (Lollipop)
Penyimpanan
  • Memori Internal : 32 GB
  • Memori Exsternal : microSD, up to 128 GB
Layar
  • Ukuran : 5,5 inchi
  • Jenis : IPS
  • Resolusi : FHD 1.080 x 1.920 piksel
Kamera
  • Belakang : 16 MP
  • Depan : 5 MP
Konektivitas
  • Infrared port
  • Wi-Fi
  • USB port
  • Bluetooth
  • USB on-the-go
Fitur Unggulan
  • Fingerprint Sensor
Baterai
  • Non-removable Li-Po 4000 mAh
Xiaomi Redmi Note 3 Pro bisa di bilang sudah memiliki semua aspek dari sebuah smartphone berkualitas mulai dari prosesor, baterai besar, kamera besar, RAM 3GB, layar 5,5 inci fullHD serta sudah memiliki fitur sensor sidik jari.

Desain


Review Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Sebagian besar bodi Redmi Note 3 Pro terbuat dari aluminium sehingga memberikan kesan premium. Menganut desain unibody, kamu tidak bisa mengganti baterai tanpa membongkar bodinya. Material plastik terdapat pada sisi atas dan bawah bagian belakang, dan panel kaca pada bagian depan—di mana LCD 5,5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 terbenam.
Seperti smartphone Android pada umumnya, kontrol navigasi dapat ditemukan di bawah layar. Kontrol tersebut dilengkapi fitur backlit yang memudahkan penggunaan dalam kondisi gelap. Tombol power terletak pada sisi kiri perangkat, bersebelahan dengan tombol volume yang berfungsi ganda sebagai shutter kamera.
Pada sisi kiri, terdapat selot kartu SIM ala iPhone yang dapat dibuka dengan menusuk lubangnya. Kamu dapat memilih untuk memasang dua kartu SIM (mikro dan nano), atau satu kartu SIM dan satu microSD—walaupun di internet banyak beredar tutorial yang memungkinkan kamu memasang dua kartu SIM dan microSD sekaligus.
Lubang pengecasan yang masih menggunakan port USB mikro terdapat di bagian bawah, sedangkan lubang earphone dan sensor infra merah ada di bagian atas. Pada bagian belakang, terdapat kamera utama dengan two-tone dual LED flash. Tepat di bawah flash, kamu akan menemukan fitur unggulan dari smartphone ini, sensor sidik jari.
Menurut Xiaomi, sensor tersebut mampu merespons dengan kecepatan 0,3 detik. Namun kecepatan itu berlaku saat kondisi layar dalam keadaan menyala. Ketika kamu membuka kunci layar dari posisi standby, misalnya, waktu  yang dibutuhkan sekitar dua kali lipat. Walau begitu, ketika saya mencobanya, masih terasa sekali kecepatannya. Bahkan hampir secepat Touch ID pada iPhone 6s. Serunya lagi, kamu bisa menggunakan sensor tersebut untuk mengaktifkan shutter kamera.

Dapur pacu Sistem Operasi

Smartphone ini menggunakan MIUI 7 yang berjalan di atas Android 5.1.1 Lollipop. Jika kamu belum pernah menggunakan smartphone Xiaomi, MIUI bisa dikatakan sebagai perpaduan antara desain Android dan iOS. Hasilnya adalah antarmuka yang atraktif dan ramah pengguna, serta dibekali dengan fitur-fitur yang cukup fungsional.
Beberapa fitur tersebut antara lain dukungan tema, permission manager, kemampuan untuk mematikan fungsi autostart pada suatu aplikasi, pemblokir telepon dan SMS, fungsi mengunci aplikasi dengan sensor sidik jari, child modefolder tersembunyi, modepengoperasian satu tangan, kemampuan menghapus beberapa aplikasi sekaligus, dan sebagainya.
Ada beberapa aplikasi bawaan yang menurut saya menarik. Seperti misalnya Mi Remote, yang memungkinkan saya mengontrol TV dan AC via sensor infra merah. Dari pengalaman saya mencoba, prosesnya juga terbilang mudah.
Sejauh ini saya belum menemukan keluhan dari sistem operasi tersebut, kecuali ikon semua aplikasi yang dibuat kotak membulat—yang lebih menyerupai iOS ketimbang Android.

Performa

Snapdragon 650 merupakan prosesor Hexa-Core yang terdiri dari dua Cortex-A72 1,8 GHz dan empat Cortex-A53 1,4 GHz. Sementara MediaTek Helio X10 pada versi Redmi Note 3 sebelumnya adalah prosesor Octa-Core dengan delapan Cortex-A53 2,0 GHz.
Hasil pengujian yang saya lakukan dengan GeekBench 3 cukup menarik. Dalam tes Single-Core, skornya mampu melampaui Samsung Galaxy S6 yang dibekali prosesor Octa-Core Exynos 7420. Namun dalam tes Multi-Core, perbandingan skor dengansmartphone yang sama terpaut cukup jauh. Lalu pada pengujian dengan AnTuTu Benchmark, performa Redmi Note 3 Pro tampak di atas iPhone 5s.
Dalam penggunaan sehari-hari, Redmi Note 3 Pro cukup bisa diandalkan. Membuka dan menutup aplikasi dapat dilakukan dengan cepat, scrolling dan animasi terasa halus, serta semua fungsi berjalan tanpa kendala. Kesan yang saya rasakan adalah sistem operasinya telah dioptimalkan dengan Snapdragon 650.
Saat digunakan untuk bermain game, bodi bagian belakang terasa agak hangat—walau tidak terlalu mengganggu. Aluminium memang cenderung menyebarkan panas, sehingga ini umum terjadi di smartphone yang bodinya terbuat dari material tersebut. Setidaknya Xiaomi mampu menjaga agar temperatur tetap pada batas yang wajar.

Kamera

Kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro terletak pada sektor kamera. Meski spesifikasi di atas kertas cukup mumpuni, yaitu kamera belakang 16 MP dengan phase detection autofocus,aperture f.20, two-tone dual LED flash, dan video 1080p, hasil jepretannya berkata lain.
Terdapat noise yang cukup mengganggu pada foto yang diambil di dalam ruangan. Lalumode HDR hanya mampu meningkatkan bayangan, sehingga hasilnya adalah foto yang terlalu terang.
Saat menggunakan mode HDR, performa kamera jadi jauh lebih lambat. Meski saat penggunaan normal pun sebenarnya kemampuan memotret Redmi Note 3 Pro tidak bisa dibilang cepat juga. Ketika saya memotret dengan mode panorama, terjadi penurunan kualitas yang cukup signifikan. Berikut adalah hasil foto dengan kamera utama:
Sayangnya saya tidak bisa memberikan penilaian pada kamera depan yang memiliki resolusi 5 MP dan aperture f2.0. Alasannya karena unit review yang saya gunakan telah dilapisi antigores, yang mana lapisan tersebut menutupi lensa kamera depan dan membuat kamera buram.

Daya tahan baterai

Redmi Note 3 hadir dengan baterai 4.050 mAh dan fitur Quick Charge generasi pertama. Untuk mengisi dayanya dari setengah hingga penuh, dibutuhkan waktu sekitar satu jam. Sedangkan untuk mengisi daya dari kosong, dibutuhkan waktu sekitar dua setengah jam. Andai saja Xiaomi menyematkan fitur Quick Charge 2.0, tentu waktu pengecasannya akan lebih singkat lagi.
Jika smartphone digunakan terus menerus tanpa standby, baterainya mampu bertahan selama enam hingga tujuh jam. Namun untuk pemakaian normal, seperti sesekalibrowsing, media sosial, dan berkirim pesan, unit yang saya gunakan mampu bertahan hingga keesokan harinya.

Kesimpulan

Xiaomi Redmi Note 3 Pro ideal untuk kamu yang mencari smartphone dengan performa mumpuni, namun tidak terlalu  memusingkan soal kualitas kamera dan koneksi 4G yang terkunci. Selain itu, sensor sidik jarinya juga akan membuat alur penggunaan jadi lebih cepat, meski fitur mengganti kata sandi dengan sidik jari hanya kompatibel dengan aplikasi tertentu saja.
Dengan spesifikasi dan performa yang ditawarkan, banderol harga resmi Rp2,6 juta sangat masuk akal. Namun jika kamu bersedia mengorbankan garansi, kamu bisa mendapatkan varian di atasnya, dengan memori internal 32 GB dan RAM 3 GB, yang harganya hanya terpaut beberapa ratus ribu lebih mahal via jalur tidak resmi.Atau anda bisa Baca juga : Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro Terbaru
Oke itu saja ulasan yang bisa saya ceritakan semoga bermanfaat bagi anda yang ingin membeli Smartphone masa kini tentunya dengan Spesifikasi dan harga yang sudah saya jelaskan di atas Semoga membantu terimakasih

0 comments

Powered by Blogger.

Blog Archive